Hanya Sebatang Padi

Posted on 1 April 2017 Under Artikel 0 Comments

“Kadang kita mengeluh, tak mungkin..! Akan tetapi Allah berfirman “Jika Allah menghendaki sesuatu, maka Allah cukuplah berkata, “jadilah maka “jadilah”(Q.S Yaasin : 82 ).

Seringkali kita mengeluh, : Kita ini terlalu lelah…”. Namun Allah berfirman : Aku menjadikan tidurmu untuk istirahatmu. (Q.S An-Naba : 09). Kitapun sering mengeluh, Aku tak mampu..! Dengarkanlah Allah berfirman : “Allah tidak membebankan sesuatu kepada seseorang, melainkan sesuai dengan kemampuannya. (Q.S Al-Baqorah : 286). Seringpula kita mengeluh, aku strees..! Perhatikan Allah berfirman : “Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. (Q.S Ar-Ra’du : 28). Dan tak jarang kita sering menggerutu, tak ada gunanya semua ini…! Renungkanlah, Allah berfirman : “Barang siapa yang mengerjakan amal kebaikan sebesar dzarah, niscaya Dia akan melihat kebaikannya. (Q.S Al-Zalzalah). (Anonim)

 

Sama halnya dalam kita berFastabiqulKhairat, Kadang mengeluh; Menggerutu; bahkan mengumpat, sering kali terjadi. Tapi tetap yakinlah bahwa segala sesuatu yang baik pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Seperti kata pepatah “Apabila kita menanam padi, pasti akan tumbuh tanaman padi pula”. Tapi harus diingat, bahwa saat kita menanam padi pasti akan ada tanaman Gulma yang mengganggu. Itulah yang kita sebut “Apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan kenyataan”.  Bagaimana kita menyikapinya, dari sudut pandang mana kita mengambil suatu tindakan. Tugas manusia hanya berusaha, bekerja keras, dan tak lupa pula berdo’a kepada yang mahakuasa. Biarlah Allah Yang Memutuskan.