[Mahfudzat] Bersungguh Sungguh

Mahfudzat-1[SahabatDakwah]

“keberhasilan adalah kata lain dari kerja keras”, karena penyesalan ada bagi orang yang bermalas malasan,  sebuah nasihat penting, kata yang sederhana namun terkadang sulit aplikasinya dalam kehidupan kita. Rosulullah SAW telah mencontohkan bagaimana perjuangannya dalam mendakwahkan Islam dikala itu, begitu pula para sahabat yang senantiasa mengiringi jalan dakwah beliau.

Ada yang menarik dalam nasihat ini, dimana kata “bersungguh sungguh” disandingkan dengan kata “bermalas malasan” ditambahkan dengan kata “kelengahan”, karena pada dasarnya lawan utama dari “kesungguhan” adalah “kemalasan”, hampir setiap dari kita pernah merasa malas, malas adalah musuh terbesar, namun kata “lengah” ditambahkan disini karena ketika kita merasa kita sudah ada dalam lingkaran aman kelengahanlah yang akan merobohkan kekuatan. Seperti halnya al fatih yang menyerbu konstantinopel saat malam hari, dimana mereka sedang lelap dan lengah, sehingga saat pagi hari mereka tercengang dan konstantinopel ditaklukan.

Dan di akhir di lanjutkan dengan kalimat” karena penyesalan itu bagi orang orang yang bermalas malasan” ini sangat jelas menggambarkan konsekwensi dari apa yang kita perbuat, dimana kemalasan akan berujung penyesalan. Semoga kita senantiasa tidak termasuk orang orang yang menyesal.

#salamsahabatdakwah
#Mahfudzat
#SahabatDakwahUAD